Setting POP3 di Outlook Express

POP3 (Post Office Protocol version3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. tidak semua mail server memiliki fasilitas ini. berikut manfaat dan kelebihan POP3 :

  1. Surat/mailbox dapat di download sehingga email dapat dibaca secara off-line
  2. Koneksi internet terjadi ketika proses download mailbox dan mengirim surat saja, sehingga dapat menghemat bandwidth
  3. Lebih mudah untuk pengarsipan email karena email disimpan di komputer local.

Bagi Mahasiswa yang telah mempunyai account mail internal stmik atau stie stan manfaatkan account anda semaksimal mungkin. salah satu fasilitas menarik yang ada adalah POP3. bagaimana memanfaatkannya. berikut tatacara setting POP3 di Outlook Express. Jalankan Outlook Express


  1. Click Star Botton
  2. Arahkam mouse ke menu All Program
  3. Pilih Outlook Expres

Tiga langkah diatas tadi bisa dilihat seperti gambar berikut :

Menjalankan Outlook Express
Menjalankan Outlook Express

dan Berikut adalah interface untuk Outlook Express

Outlook Express
Outlook Express

Langkah Berikutnya adalah membuat seting account, dengan catatan anda sudah mempunyai email di domain jurusan anda masing masing, untuk membuatnya masuk ke manu Tools pilih Account maka akan tampil interface seperti di bawah ini :

Seeting Mail Account
Seeting Mail Account

Selanjutnya tekan tombol Add dan pilih Mail… Maka akan masuk ke dialog seperti interface di bawah ini

Nama account
Nama account

Pada Display Name masukan nama anda,misal seperti gambar di atas , setelah selesai tekan next maka akan masuk dialog berikutnya, seperti gambar interface di bawah.

Input Email Address
Input Email Address

Masukan Alamat Email anda secara lengkap seperti contoh gambar di atas, setelah selesai tekan tombol next maka akan masuk dialog berikutnya, seperti gambar interface di bawah.

POP3 setting
POP3 Setting

Pada Kotak My incoming mail server is a pilih POP3, Pada Incoming mail masukan alamat pop3 mail servernya dan pada Outgoing mail (SMTP) masukan alamat SMTP servernya dengan ketentuan sebagai berikut :

  • untuk jurusan Teknik Informatika smtp dan pop3 server nya adalah : mail.ti.stmik-im.ac.id atau bisa juga menggunakan alamat domaian anda misal ali.ti.stmik-im.ac.id (untuk account ali)
  • untuk jurusan Sistem Informasi smtp dan pop3 server nya adalah : mail.si.stmik-im.ac.id atau bisa juga menggunakan alamat domaian anda misal ali.si.stmik-im.ac.id (untuk account ali)
  • untuk jurusan Manajemen Informatika smtp dan pop3 server nya adalah : mail.mi.stmik-im.ac.id atau bisa juga menggunakan alamat domaian anda misal ali.mi.stmik-im.ac.id (untuk account ali)
  • untuk jurusan Akuntansi smtp dan pop3 server nya adalah : mail.ak.stmik-im.ac.id atau bisa juga menggunakan alamat domaian anda misal ali.ak.stmik-im.ac.id (untuk account ali)
  • untuk jurusan Manajemen smtp dan pop3 server nya adalah : mail.mn.stmik-im.ac.id atau bisa juga menggunakan alamat domaian anda misal ali.mn.stmik-im.ac.id (untuk account ali)

setelah selesai tekan tekan tombol Next maka akan masuk dialog berikutnya, seperti gambar interface di bawah.

Account Email
Account Email

Pada Account name masukan alamat email anda secara lengkap seperti contoh diatas, dan jangan lupamasukan passwordnya, supaya begitu masuk Outlook Express tidak diperlukan memasukan email lagi ceklish pada Remember password. Seelah selesai tekan tombol Next dan Finish. Sedangkan untuk mengecek email yang masuk anda dapat menekan tombol/menu Send/Recv, Untuk membuat Email tekan tombol/menu Create Mail, Seperti Gambar di bawah :

Tombol Menu
Tombol Menu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>